Manfaat Batang Eceng Gondok Untuk Kesehatan Tubuh

BATANG ECENG GONDOK
==================>>

Batang eceng gondok, biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar anyaman. Sedangkan daunnya dapat diolah menjadi sup lezat yang kaya gizi. Namun, ini bukanlah satu-satunya manfaat tanaman yang sering dianggap gulma ini. Nyatanya, batang eceng gondok juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. memang di akui kalau batang eceng gondok ini memiliki manfaat serta khasit yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan batang eceng gondok ini juga memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu mampu menjaga kesehatan tubuh serta mampu memaksimalkan dan membangkitkan stamina energi tubuh juga mampu berfungsi sebagai obat herbal yang alami yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh . Eceng gondok seringkali tumbuh secara liar di area sungai atau rawa. Kehadiran tanaman ini sering dianggap sebagai pengganggu karena dapat menjadi salah satu penyebab banjir. Hal ini dikarenakan batang eceng gondok tumbuh sangat cepat dan dapat menyumbat aliran air.

Secara tampilan, tanaman eceng gondok memiliki daun tebal dan memiliki bunga indah berwarna ungu. Batang eceng gondok nampak menggembung dan berongga pada bagian dalamnya. Di beberapa daerah, eceng gondok disebut juga sebagai bengok atau wewehan.

Batang eceng gondok, biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar anyaman. Sedangkan daunnya dapat diolah menjadi sup lezat yang kaya gizi. Namun, ini bukanlah satu-satunya manfaat tanaman yang sering dianggap gulma ini. Nyatanya, batang eceng gondok juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang mengenal eceng gondok hanyalah sebagai tanaman liar yang tumbuh mengapung di sungai, danau, kolam, atau rawa. Sebagian orang dapat mengambil manfaat dari tanaman ini, misalnya untuk bahan pembuatan tikar dan anyaman lainnya. Tapi sedikit orang saja yang mengetahui manfaat eceng gondok untuk kesehatan.

Eceng gondok seringkali dianggap sebagai gulma bagi tumbuhan lain, sehingga tak jarang para petani membasminya. Keberadaan tanaman ini kadang juga tidak diharapkan, karena dianggap sebagai penyebab banjir. Masalah ini terjadi, ketika tumbuhan ini memenuhi sungai yang pada akhirnya dapat menyumbat aliran air. Eceng gondok disebut juga wewehan tumbuh dengan baik di perairan atau tempat yang lembab. Sebenarnya, daun eceng dapat dimasak atau diolah menjadi sup yang kaya gizi. Kandungan eceng gondok Tanaman air ini dilengkapi dengan sejumlah mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan, SiO2, chlorida, cupper, ferum, lainnya. Akarnya mengandung fosfat dan sulfat, sedangkan daunnya diperkaya dengan carotin. Bunga eceng senyawa yang disebut delphinidin-3-diglucosida.

 Eceng gondok adalah sejenis tanaman air yang sering kita dapati tumbuh liar di perairan. tanaman ini dikenal sebagai tanaman ekspansif, yang mana ia dapat menjelah hingga jauh dari tempat asalnya, baik melalui peran manusia, ataupun karena faktor alam, seperti arus air. Ia dapat dengan mudah beradaptasi di berbagai tempat dan berkembang biak dengan cepat.

Eceng gondok dapat tumbuh di aliran air, seperti sungai dan parit. Ia tetap hidup walau terbawa arus air, karena sifatnya yang mengapung. sering kita dapati enceng gondok mengambang terbawa arus air yang tenang di sungai-sungai besar yang dalam. Apabila ia tersangkut di tepian sungai, ia akan membentuk jaringan yang dapat menutupi tepian sungai dalam waktu yang relatif singkat. oleh karena itu di bibir sungai-sungai yang besar eceng gondok banyak terlihat tumbuh subur bersamaan dengan pohon kangkung. Hal ini sering dimanfaatkan oleh nelayan lokal untuk mencari ikan. karena selain terlindung dari arus air, ikan dapat mencari makan di antara akar tamanan air ini dan juga berkembang biak. Meski demikian, di sungai berarus deras, terutama di daerah dataran tinggi, jarang sekali (hampir tidak ada) tamanan eceng gondok.

manfaat batang eceng gondok yang bisa Anda rasakan antara lain :

1. Menyembuhkan sakit gigi

Manfaat batang eceng gondok yang pertama adalah untuk mengobati sakit gigi. Berkumur dengan air rebusan batang eceng gondok yang masih hangat dapat meringankan rasa nyeri sekaligus membunuh bakteri. Cara seperti ini juga sangat efektif untuk mengobati gusi yang bengkak.

2. Mengobati panas dalam

Mengalami panas dalam memang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika panas dalam sudah menimbulkan nyeri dan panas tenggorokan. Masalah seperti ini sebenarnya dapat Anda atasi dengan mudah hanya menggunakan batang eceng gondok. Caranya, cukup belah batang tanaman eceng gondok menjadi dua bagian lalu cuci bersih. Setelah itu, rebus batang tanaman eceng gondok dan minum airnya ketika sudah dingin. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari masing-masing satu gelas.

3. Mengobati  bisul

Seluruh bagian tanaman eceng gondok mampu mengeringkan bisul serta mnegurangi rasa nyeri yang menyertainya. Caranya, tumbuk tanaman eceng gondok secukupnya lalu campur dengan garam. Gunakan ramuan ini untuk membalur bisul dan tutup dengan kasa steril. Lakukan terus menerus hingga bisul kering.

4. Memperbaiki fungsi hati

Memakan masakan yang terbuat dari tanaman eceng gondok setiap hari dapat membantu memperbaiki fungsi hati. Hal ini dikarenakan tanaman eceng gondok memiliki fungsi detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Efek detoksifikasi inilah yang kemudian mampu memperingan kinerja hati sehingga hati memiliki cukup waktu untuk memperbaiki fungsinya.

Keberadaan eceng gondok, sering kali menjadi masalah tersendiri bagi manusia, baik di desa maupun di perkotaan. Di daerah perkotaan, di danau-danau kecil yang biasa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, tanaman yang dapat merambat dengan cepat ini dicap sebagai masalah. Mereka dianggap merusak keindahan. Kolam yang dipenuhi eceng gondok terlihat kumuh dan kotor. Jika dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, meraka akan merubah kolam tersebut menjadi lapang yang hijau. Maka untuk membersihkannya, membutuhkan energi yang tidak sedikit, karena jumlah timbunan sampah eceng gondok ini dapat mencapai puluhan bahkan ratusan kubik. dan juga dapat mencapai berat beberapa ton.

manfaat daun eceng gondok untuk kesehatan kita. Jadi, tanaman liar ini tidak hanya berguna sebagai pakan ternak atau sebagai bahan pupuk saja. Ternyata banyak manfaat kesehatan dapat diperoleh darinya, kan? Tidak salah untuk mengisi kolam ikan dengan tumbuhan yang batangnya menggembung ini. Selain menambah keindahan kolam, anda dapat mengambil daun dan akarnya kapan saja

 Namun demikian bukan berarti tanaman ini tidak memiliki manfaat sama sekali. di beberapa negara maju, terus dikembangkan penelitian tentang manfaat eceng gondok terhadap air. Salah satu hal yang sudah ditemukan adalah bahwa eceng gondok dapat meningkatkan kualitas air. Karena ia dapat menyerap radikal bebas di dalam air.

Selain di aliran air, tanaman yang memiliki bunga ungu ini, dapat hidup di perairan diam, seperti rawa dan danau. bahkan ini adalah daerah yang paling ideal untuk eceng gondok tumbuh dan berkembang. Di rawa dan danau, tanaman yang di Amerika Selatan dikenal dengan nama "gulma dari neraka" ini, dapat ber-regenerasi dengan cepat. Terkadang kondisi ini menjadi masalah bagi ekosistem, sebab ia mampu menutupi seluruh permukaan air. Bahkan untuk perairan yang sangat luas sekalipun.

Fungsi lainnya adalah pemfaatan eceng gondok untuk biogas. eceng gondok adalah tanaman potensial sebagai bahan energi alternatif. Apalagi, mengingat kemampuan dirinya untuk berkembang biak dengan cepat secara alami, membuat eceng gondok sangat memungkinkan untuk dikembangkan sebagai energi alternatif untuk sekala ekonomis.

Komentar